Setting Input Huruf Jepang untuk Windows 8

(240x240)Hillhigh Japanese input language icon.png     Selamat malam agan-agan semua!.....:>) Waaah! Sudah lama sekali saya tidak menerbitkan artikel baru!:d Pada kesempatan yang berbahagia ini saya akan berbagi tips serta tutorial kepada agan bagaimana cara kita agar bisa menginputkan huruf jepang, baik hiragana, katakana, maupun kanji yang bisa kita lakukan dengan beberapa langkah.:) Tapi, tolong disimak dulu gan! Tutorial ini hanya untuk pengguna windows 8 dan windows 8.1 (mungkin sekarang agan makai windows 10 kali ya~~~):-d! Yang pakai windows 7 bisa pergi ke artikel sebelahnya yang juga khusus untuk windows 7.      Ya,,...:) memang tidak ada perbedaan yang besar dari cara penyetingan dari windows 7 dengan windows 8... tapi kalau agan ingin yang lebih jelas dan ganbar step-by-step nya cocok dengan apa yang ditampilkan di layar komputer agan, bagaimana tidak !:-d Iya kan???:d Oke! daripada nanti agan malah bosan dengar saya ceramah, mendingan kita langsung mesuk ke tutorialnya. Berikut tutorialnya,.... Moga-moga mengerti ya~~~
(o)

  1. Hidupkan komputer (so Pasti!)
  2. Buka control panel (bisa dengan cara tekan tombol [Windows + R] berbarengan kemudian ketikkan tulisan "control".
  3. Klik bagain "View by" dan ubah ke category.
    (747x483)Windows 8 Control Panel.png
  4. Klik "Change input methods" pada kategori "Clock Language, and Region", maka akan tampil jendela language.
  5. Pada jendela language, tambah bahasa dengan meng-klik "Add a language", maka akan tampil pula jendela "Add languages".
    (747x483)Language Windows.png
  6. Cari bahasa jepang (Japanese) dan klik, kemudian tekan tombol "Add".
    (747x483)Add Languages Window.png
  7. Tutup semua jendela pengaturan.:-t
  8. Lihat navigation bar. Ngak tau? itu lho.. yang ada di bagian paling kanan taskbar... tempat jam yang sering kita lihatin. Nah, disitu kan ada tulisan IND (tergantung komputernya ya.. ada juga yang ENG), klik aja, kemudian pilih Japanese seperti kayak di gambar.
    (328x323)Language Bar.png
  9. Nah, siap kita pilih mode inputnya jadi bahasa jepang, nanti akan tampil huruf A di sebelahnya (ada juga yang ngak disebelahnya, yang penting letaknya berdekatan dan ngak pernah jauh-jauh, soalnya mereka berhubungan sekali).
    (301x40)Japanese Language Bar.png
  10. Pada huruf A tersebut ada beberapa fitur yang kalau kita klik. Klik kanan sekali akan mengubah huruf A menjadi huruf A hiragana, dan sebaliknya kalau kita klik sekali lagi.:)
  11. Klik kanan akan tampil beberapa pilihan menu untuk inputnya. Umum digunakan adalah yang lima dari atas, yaitu Hiragana sampai Half-width Alphanumeric.
    (344x357)Japanese language Pop-up Menu.png
    Berikut masing-masing fungsi kelima pilihan tersebut yang ditampilkan dalan bentuk hasilnya.
    (812x313)Japanese Input Preview.png
  12. Ada juga beberapa pilihan menu yang ada disana, berikut beberapa fungsi dari pilihan/ menu-menu yang saya ketahui sampai sekarang;(o)
    1. IME PAD : Menulis sendiri  huruf kanji, hiragana, katakana, karakter dengan menggunakan tool pensil, yang kemudian akan ditampilkan pada bagian kiri huruf yang paling mirip dengan yang kita tuliskan. Seperti pada gambar saya menulis huruf katakana, kemudian akan ditampilkan huruf yang hampir mirip dengan yang saya tuliskan pada bagian kanan. Untuk diinputkan ke tulisan bisa kita lakukan klik-2x, serta apabila kita meletakkan cursor pada huruf kanji yang ditawarkan tersebut akan tampil ballon tips yang menuliskan cara baca pada huruf kanji tersebut.
      (546x220)IME Pad Windows 8.png
    2. Add Word : Menambahkan sendiri huruf yang belum ada dalam kamus bahasa jepang.
    3. User Dictionary tool : berfungsi untuk memanajemen kamus bahasa jepang (database huruf jepang) yang digunakan.
    4. Add-on Dictionary : berfungsi untuk melakukan update kamus bahasa jepang.
    5. Properties : Tampilkan pengaturan pada microsoft IME
    6. Input Method : Untuk memilih bagaimana cara melakukan input karakter. input romanji untuk meinput huruf romawi, dan Kana Input untuk menginput huruf jepang.

Tata Cara Mengetik Teks Jepang
     Mengetik teks jepang di komputer memerlukan beberapa tatacara khusus, apalagi kalau kita menggunakan keyboard dengan huruf yang bukan huruf jepang (keyboard dengan huruf romawi/ alfabet). Berikut ada beberapa tatacara pengetikannya::)
  1. Gunakan huruf kecil tiap pemulaian kata. Jika tidak, maka teks tersebut akan diabaikan oleh komputer dan tidak diubah ke huruf jepang manapun.
  2. Selesai mengetik satu kata, maka akan ditampilkan beberapa pilihan kata (rekomendasi) tepat di bawah kata yang kita ketikkan tersebut, seperti pada gambar:
    (358x316)Japanese Text Input Preview.png
    Seperti contoh diatas, disaat kita ketikkan "indonesia" (ingat! huruf awalannya harus kecil!!), maka akan tampil beberapa rekomendasi sesuai dengan kata yang kita ketikkan. Sesuai dengan teks yang kita ketikkan tersebut, saya menggunakan input hiragana, seharusnya kita gunakan katakana untuk nama negara asing, maka akan tampil pilihan kata indonesia dengan jenis katanya, yaitu katakana.
  3. Gunakan tombol [SPASI] untuk mengubah bentuk teks dari hiragana ke katakana, dan sebaliknya.
  4. Gunakan tombol [ENTER] untuk menyelesaikan pengetikan satu kata, kalau tidak, teks yang diketik akan terus dibaca oleh komputer sebagai satu buah kata.
     Yaah! Sampai disitu saja tutorial setting input huruf jepangnya gan...;-( Saya rasa sih masih banyak kekurangan..[-( Tapi, walaupun demikian saya berharap agan semua bisa memahaminya dengan baik tanpa hambatan.:) Oke!(o) Dengan berakhirnya artikel kali ini, saya berharap bisa menerbitkan artikel baru lainnya yang mampu memberikan pengetahuan dan pencerahan kepada agan serta dibarengi dengan service penuh dari saya kalau ada keluhan-keluhan seputar artikel saya kali ini dan artikel-artikel saya yang lainnya.:-d
     Terimakasih atas perhatian dari agan semua,:)) doakan saya agar bisa blogging lebih sering lagi dan mampu menerbitkan artikel lebih banyak daripada biasanya!(p) Akhir kata, Wassalamu'alaikum Wr.Wb.(b)

Subscribe to receive free email updates:

9 Responses to "Setting Input Huruf Jepang untuk Windows 8"

  1. Replies
    1. Sama-sama gan! senang rasanya membantu..,, :)

      Delete
  2. useful info and add insight .. thanks but science

    ReplyDelete
  3. Gan, ane mencoba make aksara korea, ternyata nggak cuma waktu mau input aja, tapi semua menu di Windows aksaranya berubah dari latin jadi korea. Apa agan tau cara ngembaliinnya?

    ReplyDelete

BERI KOMENTAR | SIAPAPUN BISA BERKOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan.
Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik.
Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.
Kata-kata yang tak pantas akan segera disensor oleh sistem.
Segala bentuk link yang bersifat promosi semata tanpa ada komentar kepada pembaca, maka saya berhak menghapus komentar tersebut tanpa basa-basi.


ORANG YANG BERKOMENTAR
Annonymus : Bagi agan-agan yang tidak mempunyai akun Google
Google : Apabila agan-agan memiliki akun Google
Name/URL : Bagi agan-agan yang dapat mencantumkan nama dan link sobat

TAG KOMENTAR
Agan-agan juga bisa menggunakan tag <b>...</b> untuk menebalkan tulisan, tag <i>...</i> untuk memiringkan tulisan, dan tag <u>...</u> untuk memberikan garis bawah.

Siapapun dapat mengomentari artikel ini, tanpa harus menggunakan chapca.
Thanks udah mau berkunjung ke blog saya agan-agan yang baik...