Tips Cara Memilih Sistem Operasi Windows (XP, Vista, 7, 8, 8.1) dengan Baik [Bagian 2]

tips memilih OS windows     Pagi agan-agan semua!:>) Bagaimana sahurnya tadi??:d Pada kesempatan pertama di bulan puasa ini mimin bakalan lanjutin tips cara memilih sistem operasi windows (XP, Vista, 7, 8, 8.1) dengan baik agar dapat digunakan sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan sehari-hari agan.(o) Dalam memilih "jenis" windows, kita sering diberikan pilihat beberapa dari enam pilihan "jenis" (versi)  windows. Dari ke-enam versi windows tersebut, dinataranya memiliki edisinya tersendiri, ada yang Professional, Enterprise, Home Basic, Home Premium, Ultimate, Bisiness, Starter, Home, dan yang terbaru adalah TBA. Banyak sekali pilihan-pilihan yang diberikan kepada kita sebagai pengguna maupun sebagai pengembang (developer). Pilihan-pilihannya bisa dilihat berikut ini::)
  1. Windows XP
         Windows XP adalah sistem operasi yang berkembang di tahun 2002 dan dihentikan pada bulan april 2014 oleh microsoft sendiri. Secara garis besar, Windows XP sendiri terdiri dari 3 edisi, yang diantaranya:
    • Windows XP Professional
           Windows XP Professional, dulu adalah edisi windows xp yang paling banyak dan paling mudah dicari di internet untuk diunduh dan diinstallkan ke komputer agan. Pengguna windows xp professional melebihi pengguna windows xp home dan starter edition.
    • Windows XP Home
    • Windows XP Starter
         Penggunaan sistem operasi windows XP sangat dianjurkan sekali pada komputer yang menggunakan RAM - DDR 1, atau mudahnya pada komputer yang keluaran tahun 2004 ke bawah. Yang mana sih? itu lho,.. komputer yang pakai layar tabung....:-)
         Penggunaan sistem operasi windows XP sangat dianjurkan pada kopmuter generasi tersebut, karena sistem operasi baru seperti windows vista, windows 7, apalagi windows 8 tidak akan mungkin bisa dijalankan di komputer tersebut dengan baik kecuali kalau pingin komputernya cepat rusak seperti komputer mimin dulu... -_- b-(
         Sebelum windows XP, masih ada sistem operasi lainnya, yaitu windows 95, windows 98/ME. Namun, karena sangat jarang digunakan orang umum dan sulitnya mencari kaset instalasi sistem operasi tersebut, mimin tidak bahas sistem operasi lama itu.
  2. Windows Vista
         Windows vista adalah versi windows yang dirilis beberapa tahun setelah windows XP. windows vista adah cikal bakal diciptakannya windows 7 yang merupakan sistem operasi terbanyak kedua digunakan di dunia setelah windows xp. Karena dirilisnya windows 7 tidak lama setelah dirilisnya windows vista, membuat windows vista dianggap sebagai produk 'gagal'. Oleh karena itu, kalau komputer agan bisa dijalankan windows vista, sebaiknya langsung saja install windows 7.:-d
    Dalam edisinya, windows vista terdapat 4 edisi yang ada sebagai berikut:
    • Windows Vista Home Premium  >> Notebook Lama
      • Windows Vista Home Premium SP 2 >> Laptop Umum
    • Windows Vista Business >> Laptop Umum (lama/ baru)
    • Windows Vista Enterprise >> Laptop Umum (lama/ baru)
    • Windows Vista Ultimate >> Laptop Umum (lama/ baru)
         Dalam pengaplikasiannya, sebelum sirilis windows 7, windows vista umumnya disandingkan dengan laptop atau notebook, seperti toshiba, Namun, setelah dirilisnya windows 7, penggunaan sistem operasi ini mennurun drastis dan laptop yang bisa diinstallkan windows vista dapat diinstallkan windows 7 walau masih ada juga laptop yang tidak bisa.[-(
  3. Windows 7
         Sistem operasi ini merupakan sistem operasi yang paling disaranakn untuk menginstallnya, baik untuk komputer rumahan notebook mahasiswa yang sekedar butuh microsoft office.. :-)
    • Windows 7 Home Basic >> Notebook Mahasiswa
    • Windows 7 Home Premium >> Laptop Guru (Laptop Lama)
    • Windows 7 Professional  >> Laptop Umum
    • Windows 7 Enterprise >> Notebook Mahasiswa/ Notebook Guru
    • Windows 7 Ultimate >> Laptop Umum (Paling sering digunakan)
    • Windows Thin PC
  4. Windows 8
    Sistem operasi yang satu ini adalah sistem operasi yang masih muda dan perlu pengembangan yang lebih lagi.=p~
         Dengan rilisnya windows 8 pertama, memberikan kesan negatif di mata syarakat karena kekurangannya yang sangat banyak. Kekurangan tersebut sudah mimin singgung di artikel sebelumnya dan tak perlu mimin bahas lagi.[-(
    • Windows 8
    • Windows 8 Pro
    • Windows 8 Enterprise
  5. Windows 8.1
    Sistem operasi ini sama halnya dengan windows 8 diatas. Sistem operasi ini memiliki banyak kelebihan yang tidak dimiliki oleh windows 8 biasa. Nah! mimin kasih saran,
    Kalau mau install windows 8, sebaiknya install windows 8.1 saja langsung!(o)
    Pada dasranya, windows 8.1 merupakan sistem operasi yang lebih stabil jika dibandingkan degan windows 8 biasa, dan bahkan sudah dirilis yang Service Pack 1-nya yang berisi fitur-fitur yang lebih mirip ke sistem operasi windows 10 yang beberapa bulan ini sudah dirilis.:)
    • Windows 8.1
    • Windows 8.1 Pro
    • Windows 8.1 Enterprise
  6. Windows 10
         Semenjak banyaknya komplain terhadap windows 8 dan windwos 8.1, membuat microsoft menghadirkan sistem operasi yang merupakan perpaduan windows 7 dan windows 8, sehingga pengguna merasa menggunakan windows 7 (start menu) dan sekaligus menggunakan windows 8 (dengan Metro UI-nya). :)
         Rilis pertama tanggal 29 juli 2015, mecrosoft memberikan kemudahan kepada pengguna windows 7 dapat mengupgrade sistem operasinya ke windows 10 ini dengan gratis tanpa adanya registrasi. Pembaharuan ini tersedia pada windows update di komputer tersebut.(h)
         Untuk performa mimin belum tahu benar, karena tidak sempat download. Tapi, dari segi fitur, tapilan, dan kecepatan, windows 10 ini dikatakan lebih baik daripada windows 8 atau windows 8.1. Namun, tidak sesempurna kelihatannya. ;-(
Nah, sekarang pertanyaanya, dari sekian banyak versi windows yang ada ditambah lagi dengan edisi dari tiap-tiap versi windows membuat bingung kita para penginstall komputer, benar?:d
  
     Dalam penggolongan para menginstal laptop, apabila versi windows yang beredisi "Home Basic", "Home Premium", "Enterprise" selalu dipasang pada jenis komputer notebook yang memiliki spesifikasi rendah.:) Dan, kenyataannya dari pernyataan para pakar microsoft memang benar! "Home Basic", "Home Premium", "Enterprise" dikhususkan pada pengguna rumahan yang tidak membutuhkan banyak fitur-fitur yang biasanya digunakan oleh para gamer, pecandu komputer, para professional multimedia, dll. "Home Basic", "Home Premium", "Enterprise" dipasang pada komputer notebook yang memiliki ukuran memory (RAM) yang kecil, setidaknya 1 sampai 4 giga dan bahkan ada yang 8 giga. "Home Basic" dan "Home Premium" sangat sering dipasang pada komputer notebook guru, mahasiswa yang hanya membutuhkan microsoft office, dan para officer yang memiliki fungsi untuk mempresentasikan hasil kerjanya.:)
     Untuk edisi "Ultimate" digunakan pada komputer dan pada laptop berspesifikasi menengah keatas, dengan RAM 1 GB keatas untuk komputer dan 2 atau 4 GB keatas untuk laptop. Edisi Ultimate ini secara awam sebenarnya tidak dirasa bedanya dengan edisi "Home Basic", "Home Premium", "Enterprise", oleh karena itu kalau mau install komputer dengan edisi Ultimate namun tidak punya bisa install edisi "Home Basic", "Home Premium", "Enterprise" ini. Untuk edisi Pro (Professional), merupakan edisi yang sama dengan edisi Ultimate, hanya nama saja yang ditukar.

     Nah!, dari sekian banyak edisi yang ada, dapat diperoleh kesimpulan bahwa tiap-tiap edisi windows memiliki tempatnya masing-masing, dan edisi tersebut memberikan kemudahan pada laptop yang berspesifikasi rendah agar dapat menjalankan sistem operasi berat, oleh sebab itu pikirkan jugalah edisi sistem operasi yang sesuai dengan kebutuhan dan keadaan yang agan miliki.:)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Cara Memilih Sistem Operasi Windows (XP, Vista, 7, 8, 8.1) dengan Baik [Bagian 2]"

Post a Comment

BERI KOMENTAR | SIAPAPUN BISA BERKOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan.
Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik.
Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.
Kata-kata yang tak pantas akan segera disensor oleh sistem.
Segala bentuk link yang bersifat promosi semata tanpa ada komentar kepada pembaca, maka saya berhak menghapus komentar tersebut tanpa basa-basi.


ORANG YANG BERKOMENTAR
Annonymus : Bagi agan-agan yang tidak mempunyai akun Google
Google : Apabila agan-agan memiliki akun Google
Name/URL : Bagi agan-agan yang dapat mencantumkan nama dan link sobat

TAG KOMENTAR
Agan-agan juga bisa menggunakan tag <b>...</b> untuk menebalkan tulisan, tag <i>...</i> untuk memiringkan tulisan, dan tag <u>...</u> untuk memberikan garis bawah.

Siapapun dapat mengomentari artikel ini, tanpa harus menggunakan chapca.
Thanks udah mau berkunjung ke blog saya agan-agan yang baik...