Cara Mudah Menampilkan Hidden File/Folder di Windows 7 dan Vista

(240x240) Hill high hidden file and folders.png
Tampilkan berkas tersembunyi
     Selamat pagi agan-agan semua!:>) Pada kesempatan ini saya akan berbagi artikel tentang bagaimana cara menampilkan file/ folder sistem yang tersembunyi pada windows 7 dan Windows vista.:) Tutorial ini mungkin sangat sederhana sekali, tapi banyak juga orang yang belum tahu bagaimana cara menampilkan file yang tersembunyi pada windows 7 khususnya :-d.
     Sebelumnya, berkas file atau folder yang kita miliki dapat pula kita sembunyikan alias di-hidden.:) Cara menghidden/ menyembunyikan file atau folder sangatlah mudah, yaitu dengan cara:
  1. Klik kanan file atau folder yang akan disembunyikan
  2. Pilih "Properties" (umumnya di bagian paling bawah)
  3. Pada tab "General" , cari bagian Attributes.
  4. Centang kotak yang bertuliskan "Hidden".:-d
  5. Klik "OK"
  6. Selesai
     Dengan 6 tahap tersebut kita dapat menyembunyikan file/ folder kita agar tidak dapat diketahui oleh siapapun. Setelah kita sembunyikan folde/ folder tersebut, bagaimana caranya kita membuka folder tersebut kita buka?:-? Caranya mudah!:d kita hanya memasukkan alamat berkas file/ folder tersebut pada kolom address di windows explorer (kolomnya berada di bagian paling atas windows explorer, bentuknya mirip dengan kolom address pada web browser yang agan gunakan sekarang ini), setelah itu klik Enter.:)
     Namun, bagaimana kalau nama berkas file/ folder tersebut kita sudah lupa?:-? Aduh! Bingung juga itu ya....@-) Tapi, tidak masalah sekarng, karena Windows 7 dan Windows vista memiliki pengaturan untuk menampilkan file yang telah kita sembunyikan tersebut.(h) Untuk bagaimana cara menampilkan file tersembunyi terebut, biasa agan baca step demi stepnya disini::-d
  1. Klik menu "Organize" di pojok kiri atas windows explorer. Seperti gambar di bawah ini:
    (889x623) Gambar 1: Folder and Search option.png
  2. Klik submenu "Folder and search options", maka akan tampil jendela baru. Seperti pada gambar diatas (kotak merah nomor 2):)
  3. Klik tab "View", seperti pada gambar di bawah ini (kotak merah nomor 3)
    (396x481) Gambar 2: Folder Option.png
  4. Untuk penampilan berkas yang tersembunyi terbagi 2:
    Menampilkan berkas biasa yang tersembunyi, berkas yang akan ditampilkan hanya berkas yang disembunyikan dengan cara penyembunyian berkas seperti pada step diatas tadi,:)
              4.a   Klik option menu "Show hidden files, folders, and drives", 
                      Lihat gambar di poin nomor 3, kotak merah nomor 4.a

    Menampilkan file sistem yang disembunyikan, berkas yang akan ditampilkan adalah berkas yang dianggap sistem oleh windows punya agan. Berkas-berkas sistem yang paling banyak ditemukan ada di drive windows agan diinstall, biasanya Drive C:\,:-d
              4.a   Klik option "Show hidden files, folders, and drives"
    (396x481) Tampilkan File System-Show System Files.png
              4.b   Hapus centang pada kotak "Hide protected operating system files (Recommended)"          4.c   Nanti akan tampil jendela dialog seperti gambar, klik "Yes" untuk melanjutkan, seperti
                      pada gambar di bawah ini::-d 

    (572x199) Gambar 4: Warning box.png
  5. Untuk menyimpan pengaturan, klik tombol "OK", seperti pada gambar di bawah ini::)
    (396x481) Gambar 5: Selesai.png
  6. Selesai, dan cek berkas agan yang tersembunyi, bentuk berkas yang tersembunyi biasanya lebih kabur daripada yang tidak tersembunyi (hidden), berikut hasil dari pengaturan tersebut, Klik saja gambarnya untuk memperbesar.
    (1116x623)

     Oke!(o) Sekian dulu tentang artikel kali ini yang berjudul Cara Menampilkan File Sistem Yang Tersembunyi/ Terhidden di Windows 7/Vista.:) Walaupun hal ini sangatlah sederhana, tapi tolong dimanfaatkan semaksimal mungkin dan sepositif mungkin ya...(o). Kalau ada pertanyaan seputar hal-hal yang rumit silahkan masukkan komentar agan di kolom komentar di bawah ini dan mungkin akan membutuhkan waktu untuk membalasnya.:) tapi kalau agan membutuhkan penjelasan secara cepat dan langsung bisa hubungi saya di kotak "Contact Us" pada bagian paling ataas blog ini (hanya dapat dihubungi pada sabtu sore sampai minggu malam). 8-)
     Sebelum mengakhiri postingan kali ini alangkah baiknya agan-agan melihat-lihat artikel lainnya di bawah ini yang berkaitan dengan artikel yang agan buka sekarang ini.:-d Terimakasih atas kunjungannya, dan Wassalam!(p)

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Cara Mudah Menampilkan Hidden File/Folder di Windows 7 dan Vista"

BERI KOMENTAR | SIAPAPUN BISA BERKOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan.
Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik.
Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.
Kata-kata yang tak pantas akan segera disensor oleh sistem.
Segala bentuk link yang bersifat promosi semata tanpa ada komentar kepada pembaca, maka saya berhak menghapus komentar tersebut tanpa basa-basi.


ORANG YANG BERKOMENTAR
Annonymus : Bagi agan-agan yang tidak mempunyai akun Google
Google : Apabila agan-agan memiliki akun Google
Name/URL : Bagi agan-agan yang dapat mencantumkan nama dan link sobat

TAG KOMENTAR
Agan-agan juga bisa menggunakan tag <b>...</b> untuk menebalkan tulisan, tag <i>...</i> untuk memiringkan tulisan, dan tag <u>...</u> untuk memberikan garis bawah.

Siapapun dapat mengomentari artikel ini, tanpa harus menggunakan chapca.
Thanks udah mau berkunjung ke blog saya agan-agan yang baik...