Download Directx 9.0c Untuk Mengatasi Masalah "d3dx9_xx.dll was Not Found"

ikon directx dengan logo X hijau     Selamat pagi agan-agan semua!:>) Pada kesempatan ini mimin mau memberikan software pendukung yang seharusnya sudah mimin berikan sebelum merilis artikel PES 2015, namanya adalah Directx 9.0c. Directx (nama lainnya Direct3D) adalah software buatan microsoft yang menunjang jalannya aplikasi game pada sistem operasi windows sehingga dapat dijalankan di komputer pada masing-masing komputer dengan bermacam-macam hardware pula. :)
     Directx ini adalah komponen yang banyak digunakan oleh game-game 3D, baik ukuran sedang maupun ukuran besar, contohnya adalah game buatan microsoft (Game for Windows Live), Pro Evolution Soccer (baik PES 2013, PES 2014, bahkan PES 2015), FIFA, dan game-game 3D lainnya.:d Walau demikian, saat sekarang ada pula game berbasis 2D yang menggunakan Directx ini walau jarang tampak secara luas. :)
     Sama dengan VCRedist, directx ini diinstall sesuai dengan kebutuhan si pengguna dan program yang akan digunakannya. Oleh karenanya, agan tidak perlu menginstall software ini kalau tidak perlu, Tapi, bagaimana sih kita tahu kalau kita butuh untuk menginstall directx ini? :-?
Untuk  mengetahuinya, kita akan diperingatkan oleh aplikasi yang kita jalankan dengan memberikan pesan error seperti pada gambar di bawah ini;:)

error d3dx9_43.dll pada PES 2014
Error yang terdapat pada PES 2014

Error diatas adalah error dari game PES 2014 saat pertama kali menjalankannya, lihat pada pemberitahuannya,! Katanya, "The program can't start because d3dx9_43.dll is mising from,..bla,..bla...". yang ditebal itu adalah kode dari directx 9, kok tahu?? Hahaha... Mudah!:d tulisan yang mimin tebalkan itu diawali dengan kata d3dx9, d3d adalah directx 3D dan 9 adalah versi dari directx yang dibutuhkan. Untuk nomor-nomor sesudahnya itu bervariasi, agan tidak perlu bingung untuk nomor tersebut, yang terpenting adalah d3dx9-nya. mau d3dx9_01.dll, d3dx9_30.dll, d3dx9_32.dll, atau d3dx9_1000000.dll sekalipun kita hanya perlu menginstall directx 9 itu saja. Cukup mudah!(o)
      Sampai serakang, directx sudah dirilis versi terbarunya! versi 12:). Versi terbaru ini memberikan kemampuan menampilkan gambar senyata mungkin! sampai-sampai satu lembar rambut saja tidak terlewatkan! woow! Jadi, tidaklah heran kalau melihat graphic (gambar) dari directx 12 ini tidak bisa dibedakan dengan film asli. Walaupun demikian, bagi agan-agan yang graphic-nya tidak tinggi sekali (khususnya pada VGA yang aktif dan digunakan saat ini) dilarang untuk menginstall Directx 12 ini, toh hanya kopmuter yang hebat yang hanya dimiliki oleh animator-animator besar,.. Jadi, jangan dipaksakan untuk mendownload, khususnya menginstall directx 12 ke komputer agan bukan hanya komputer agan tidak mampu, tapi bisa saja directx 12-nya error saat diinstall karena tidak memenuhi syarat minimum hardware yang dibutuhkan.:-d
     Berbeda dari directx 12, directx 9.0c ini merupakan satu-satunya program yang banyak digunakan pada komputer dengan kategori grafik menengah kebawah hingga menengah keatas (ada juga yang komputer grafik tinggi menggunakan directx 9.0c ini), mimin ngak tahu pasti mengapa, sudah mimin jelaskan sebelumnya mungkin karena pesan error yang diberikan game saat directx belum terinstall selalu merujuk pada file yang dimulai dengan kata 'dxd9.......dll' tidak ada pada komputer. dxd9 itu sendiri merupakan singkatan dari dxd = directx, dan 9 merupakan versi directx-nya. Mungkin itulah sebabnya mengapa banyak sekali pengguna mendownload directx 9 daripada directx lainnya (baik directx 7, 8, 10, 11, atau 12).:)
     Nah! sesuai dengan artikel, mimin bakalan ngasih link directx 9.0c-nya. Linknya ada di akhir artikel, untuk menginstallnya cukup mudah;

  1. Pertama, ekstrak dulu filenya dengan password yang telah diberikan.
  2. Jalankan program, maka akan tampil jendela baru. Pada jendela tersebut menampilkan lokasi dimana installer directx-nya akan diekstrak. Klik tombol 'Browse' atau yang mirip untuk mengubah lokasi hasil ekstrak file.:)
  3. Setelah pengekstrakan selesai, jalankan 'DXSETUP.exe' untuk menjalankan installer dan memulai instalasi.
  4. Untuk tahap berikutnya sama seperti penginstalan biasa.(o)
  5. Tunggu sampai proses penginstalan selesai baru jalankan aplikasi atau game yang bermasalah tadi.

Directx 9.0c ini sangat mudah diinstall dan tidak perlu me-restart komputer, jadi agan bisa langsung menjalankan game yang bermasalah tadi setelah menginstall directx satu ini. Semoga tidak ada masalah lagi pada gamenya!=p~

Password: www.p30download.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Download Directx 9.0c Untuk Mengatasi Masalah "d3dx9_xx.dll was Not Found""

Post a Comment

BERI KOMENTAR | SIAPAPUN BISA BERKOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan.
Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik.
Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.
Kata-kata yang tak pantas akan segera disensor oleh sistem.
Segala bentuk link yang bersifat promosi semata tanpa ada komentar kepada pembaca, maka saya berhak menghapus komentar tersebut tanpa basa-basi.


ORANG YANG BERKOMENTAR
Annonymus : Bagi agan-agan yang tidak mempunyai akun Google
Google : Apabila agan-agan memiliki akun Google
Name/URL : Bagi agan-agan yang dapat mencantumkan nama dan link sobat

TAG KOMENTAR
Agan-agan juga bisa menggunakan tag <b>...</b> untuk menebalkan tulisan, tag <i>...</i> untuk memiringkan tulisan, dan tag <u>...</u> untuk memberikan garis bawah.

Siapapun dapat mengomentari artikel ini, tanpa harus menggunakan chapca.
Thanks udah mau berkunjung ke blog saya agan-agan yang baik...